Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Video Dengan PowerPoint

ppt to video

PowerPoint bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk presentasi saja, tapi juga bisa untuk membuat hal lain. Menggambar, membuat sketsa, membuat animasi sederhana, membuat motion graphics, dan yang hebat lagi bisa menggabungkan semua itu menjadi sebuah video. Caranya pun gampang karena PowerPoint sudah menyediakan fasilitas untuk convert slide kita menjadi sebuah Vidoe. Berikut cara mudah membuat video dari slide PowerPoint

Tutorial convert slide video

Siapkan terlebih dahulu slide yang akan diubah menjadi video. Pada contoh kali ini admin akan membuat intro Youtube NAH Tutorial yang tadinya berbentuk slide akan diubah menjadi Video yang akan dipakai untuk keperluan editing.

ppt to video step 1

Selanjutnya pilih menu File.

ppt to video step 2

Pilih Export.

ppt to video step 3

Pilih Create a Video.

ppt to video step 4

Selanjutnya kita harus memilih resolusi video yang akan kita buat.

ppt to video step 5

Dalam memilih resolusi video, kita akan dihadapkan pada empat pilihan :
  1. Ultra HD (4K)
  2. Full HD (1080p)
  3. HD (720p)
  4. Standard (480p)

ppt to video step 6

Setelah kita memilih resolusi video, kita selanjutnya akan memilih metode perekaman video seperti pada gambar dibawah ini.

ppt to video step 7

Pada gambar di atas kita dapat lihat bahwa ada 4 pilihan. admin akan menjelaskannya satu per satu.
  1. Don't Use Recorded Timings and Narations, maksudnya adalah metode perekaman ini tidak mengikuti waktu transisi dan juga narasi yang sudah kita buat dari tiap slide. Akan tetapi pada metode ini perpindahan dari satu slide ke slide lain diatur dalam Seconds spent on each slide. jadi apabila mengisi angka 01.00 pada Seconds spent on each slide. maka hasil videonya nanti adalah setiap slide memiliki durasi hanya 1 detik dan setelah itu akan pindah ke slide selanjutnya.
  2. Use Recorded Timings and Narations, maksudnya adalah metode perekaman ini akan mengikuti waktu transisi dan juga narasi yang sudah kita buat dari tiap slide. oleh karena itu metode ini sangat cocok apabila kita sudah mengatur sedemikian rupa narasi dan alur slide sesuai keinginan kita.
  3. Record Timings and Narations, maksudnya adalah dengan metode ini kita akan bebas menentukan waktu transisi dan narasi yang akan kita buat meskipun kita belum sama sekali membuat waktu dan transisinya. 
  4. Preview Timings and Narations, berfungsi untuk melihat hasil rekamana pada saat menentukan waktu transisi dan narasi dengan Record Timings and Narations.
Setelah kita memilih metode perekaman, selanjutnya kita pilih saja Create Video seperti pada gambar di bawah ini.

ppt to video step 8

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

ppt to video step 9

Pada gambar di atas langkah pertama adalah tentukan lokasi penyimpanan video. Setelah itu kita tentukan nama video yang akan kita buat. Kemudian kita tentukan jenis file video yang akan kita buat. Dan yang terakhir adalah kita pilih Save. Setelah keempat langkah tadi dilakukan maka kita akan melihat progres dari video yang kita buat seperti pada gambar dibawah ini.

ppt to video step 10

Tunggu prosesnya hingga selesai. Apabila telah selesai silakan cek ke lokasi penyimpanan hasil video yang sudah kita buat. Kira-kira seperti ini contoh file video yang sudah berhasil saya buat.

ppt to video step 11

Tutorial dalam bentuk video

Berikut video tutorial cara membuat video dari slide PowerPoint.


Bagi teman-teman yang ingin melihat tutorial lainnya dalam bentuk video bisa mengunjungi Channel Youtube NAH Tutorial.


Cukup sekian teman-teman, semoga apa yang admin share bisa memberikan manfaat. Tidak ada manusia yang sempurna, admin juga manusia pasti memiliki banyak kekurangan. Apabila ada kesalahan mohon untuk dimaklumi.
Terima Kasih..

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Video Dengan PowerPoint"

Berlangganan via Email