Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah PowerPoint Menjadi Video Hingga 4K 60 FPS

NAH TUTORIAL
PowerPoint bagi admin adalah sebuah aplikasi yang sangat ajaib. Bukan ajaib karena memiliki kekuatan magis. Melainkan karena kemampuan PowerPoint yang bisa digunakan untuk banyak hal. Saat admin membuat Channel Youtube, PowerPoint sudah digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari membuat video intro, video outro, thumbnail video, penyusunan materi-materi, semuanya admin buat dengan PowerPoint. Ya alasannya memang sederhana. Karena admin memang lebih bisa membuatnya dengan PowerPoint dibandingkan dengan membuatnya di aplikasi lain. Apalagi PowerPoint tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Karena kebetulan komputer yang admin pakai sangat terbatas dan kurang gahar spesifikasinya.

Berbicara tentang pembuatan video dari slide. PowerPoint memang bisa merubah slidenya menjadi video seperti pada postingan admin sebelumnya yaitu tentang cara membuat video menggunakan PowerPoint. Yap walaupun dengan cara tersebut bisa merkem video hingga resolusi 4K dan ada opsi perekaman manual sesuai keinginan kita. Akan Tetapi ada satu kelemahannya yaitu FPS atau Frame Per Second yang hanya mentok di 30 FPS saja. Dimana kita tau semakin tinggi FPS maka video yang dihasilkan akan semakin mulus dan memanjakan mata. Resolusi atau ketajaman video memang sangat penting, akan tetapi FPS juga tidak kalah penting. Maka dari itu pada postingan kali ini admin akan membagikan sebauh cara membuat video dengan resolusi tinggi serta FPS yang tinggi juga.

Sebenarnya 30 FPS sudah cukup untuk melihat video dengan katagori nyaman di mata. Akan tetapi FPS yang lebih dari 30 akan lebih memanjakan mata. Apalagi layar yang ada pada monitor atau Gadget yang saat ini kita gunakan rata-rata sudah memiliki refresh rate 60Hz yang artinya sudah bisa menampilkan gambar hingga 60 FPS. Bahkan sekarang sudah banyak layar yang memiliki refresh rate di atas 60Hz. Maka dari itu untuk memaksimalkan video yang kita buat ada baiknya kita buat dengan FPS yang lebih tinggi yaitu yang melebihi 30 FPS. berikut caranya.

Tutorial Mengubah Slide Menjadi Video

Sebelum kita melakukan mengubah slide menjadi video atau bahasa lainnya adalah convert. Pastinya kita harus sudah menyiapkan slide yang akan kita ubah. Pada tutorial kali ini admin akan mengubah sebuah video intro yang sudah pernah admin bagikan ke teman-teman yaitu intro presentasi menarik #3. Berikut langkah-langkah cara mengubah slide PowerPoint menjadi Video dengan FPS tinggi. 
  1. Buka file yang akan dijadikan video.

    convert ppt to video
  2. Pilih Tab View kemudia pilih Macros.

    convert ppt to video
  3. Akan muncul dialog seperti gambar di bawah ini. Pada bagian Macro name, isi dengan sebuah nama tanpa tanda spasi. pada contoh di atas saya mengisi dengan nama convert. Pada bagian Macro in, pastikan slide yang kita pilih adalah slide yang akan kita jadikan video. Selanjutnya pilih Create.

    convert ppt to video
  4. Selanjutnya akan muncul dialog Macro. lalu masukan kode di bawah ini di antara Sub convert() dan End Sub.
    
    If ActivePresentation.CreateVideoStatus <> ppMediaTaskStatusInProgress Then
    ActivePresentation.CreateVideo FileName:=Environ("USERPROFILE") & "\Desktop\Videoku.mp4", _
    UseTimingsAndNarrations:=True, _
    VertResolution:=1080, _
    FramesPerSecond:=60, _
    Quality:=100
    Else: MsgBox "There is another conversion to video in progress"
    End If
    Ganti text \Desktop\Videoku untuk merubah lokasi penyimpanan video beserta nama video.
    \Desktop\ --> Video akan tersimpan di Desktop
    Videoku   --> Nama dari video yang akan kita simpan adalah Videoku
    .mp4 adalah format dari video yang akan kita buat. Selain .mp4 bisa diubah menjadi .wmv
    Apabila ingin membuat video dengan timing dan narasi sesuai slide maka isi True. Jika tidak, ubah menjadi False
    Bisa diganti sesuai kebutuhan
    4K : 2160   
    FHD : 1080
    HD : 720
    SD : 480
    Ganti untuk merubah FPS sesuai Keinginan. Bisa 30, 40, 50, 60, 120, 144 dan seterusnya.

    ppt to video
  5. Silakan langsung Close dialog macro.

    ppt to video
  6. Selanjutnya pilih Tab View kemudia pilih Macros. Setelah muncul dialog Macro, pada bagian Macro in, pastikan kembali bahwa yang dipilih adalah slide yang akan kita buat jadi video. kemudian akan muncul nama macro yang sudah dibuat yaitu convert. klik macro tersebut lalu pilih Run.

    ppt to slide
  7. Selanjutnya dibagian bawah akan tampil Progress Bar, dan tunggu hingga proses selesai dan Progress Bar menghilang.
    ppt to slide
  8. Terakhir silakan cek lokasi tempat menyimpan video untuk melihat hasilnya. Done

Video Tutorial

Bagi teman-teman yang ingin melihat tutorial dalam bentuk video. Silakan cek video yang ada di bawah ini:



Demikian tutorialnya. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman. jangan lupa juga Subscribe Channel Youtube NAH Tutorial dengan klik tombol subscribe di bawah ini.


Bila ada yang ingin ditanyakan silakan berikan komentarnya. Tidak ada manusia yang sempurna, admin juga manusia pasti memiliki kekurangan. Maka dari itu apabila ada kesalahan mohon dimaafkan ya.
Terima Kasih ..

1 komentar untuk "Cara Mengubah PowerPoint Menjadi Video Hingga 4K 60 FPS"

  1. .CreateVideoStatus yang disamping tidak di temukan, maksudnya????

    BalasHapus