Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Gratis yang Wajib Ada di Windows

Sistem operasi Windows bisa dikatakan sebagai rajanya sistem operasi untuk komputer yang ada di dunia saat ini. Windows sudah digunakan lebih dari 87% pengguna komputer dunia baik dalam bentuk desktop maupun laptop. Sistem operasi lain seperti macOS hanya digunakan sebanyak 10% dan sisanya menggunakan sistem operasi lain seperti Linux, Chrome OS, dan lain sebagainya. Maka sebutulnya windows bukan lagi bisa kita sebut sebagai OS sejuta umat, tapi OS semilyar umat. karena jumlah penggunanya memang sangat banyak sekali.

Admin sendiri yang lahir di tahun 90-an pernah merasakan dari mulai Windows 98 hingga saat ini udah sampai di Windows 10. Banyak sekali kemajuan dan inovasi yang dibuat oleh Windows yang membuat kita sebagai user semakin betah menggunakan sistem operasi ini. Windomerupakan sistem operasi yang seimbang dalam hal penggunaan. Mau digunakan untuk main game sangat bisa. Digunakan untuk kerja pun sangat bisa sekali. Selain itu Windows juga mendukung banyak sekali aplikasi. Tidak hanya aplikasi dari si pembuat yaitu Microsoft saja yang optimal digunakan di Windows, akan tetapi banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kita instal. Aplikasi yang dapat kita instal juga beragam. Mulai dari aplikasi yang gratis hingga yang berbayar.

Dari banyaknya pilihan aplikasi yang bisa kita instal di Windows. Ada bebera aplikasi yang menurut admin wajib kita instal karena memiliki fungsi yang sangat mendasar dan akan membuat kita semakin nyaman dalam menggunakan Windows. Berikut ini adalah aplikasi yang wijib terinstal bagi para pengguna Windows versi NAH Tutorial.

1. Avast Free Antivirus

NAH TUTORIAL

Khusus yang masih menggunakan Windows 7. Wajib instal antivirus tambahan seperti Avast Free Antivirus. Berbeda dengan Windows 8 dan 10 yang sudah terproteksi dengan baik oleh adanya Antivirus bawaan yaitu Windows Defender, Windows 7 tidak memiliki windows defender sehingga kita harus instal Antivirus tambahan. Kalau teman-teman memiliki banyak data penting yang harus dilindungi dan punya uang lebih silakan beli produk Avast atau Antivirus lain yang berbayar. Akan tetapi untuk sobat gratisan yang ingin terhindar dari virus yang sering muncul dan mengganggu seperti virus shortcut dan virus lain yang bisa membuat komputer kita jadi lemot parah, teman-teman bisa instal Avats Free Antivirus dan dapatkan proteksi yang menurut admin sangat cukup. Dari pengalaman admin menggunakan Avast Free Antivirus, baik file sistem atau data-data penting lainnya tidak ada yang terserang virus dan Windows pun aman. Tapi satu syarat yang tidak boleh dilanggar dalam menggunakan Avast Free Antivirus ini adalah harus sering Update. Selain mendukung untuk Windows 7, Avast Free Antivirus bisa diinstal juga di Windows 8, dan 10.

2. Smadav

NAH TUTORIAL

Sering colok cabut Flashdisk? dan tiba-tiba file di Flashdisk ada yang hilang entah kemana. Nah di kondisi inilah kita wajib instal Smadav. Smadav adalah Antivirus lapis kedua yang wajib kita instal dengan kemampuannya mendeteksi banyak virus lokal dan juga internasional. Admin juga masih aktif menggunakan Smadav sampai sekarang karena Smadav terbukti ampuh melindugi komputer dari virus nakal yang suka menyembunyikan file yang mana itu sangat menggangu. Lho memang Antivirus utama gak bisa mengembalikan file yang tersembunyi tadi min?. Yang admin rasakan hingga saat ini Antivirus utama belum bisa melakukan hal tersebut. Jadi sandingkan Antivirus utama kita dengan Smadav agar pelindungan komputer kita lebih maksimal. Smadav bisa diinstal di Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10.

3. 7-Zip

NAH TUTORIAL

7-Zip adalah aplikasi yang dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Berbeda dengan aplikasi serupa yang berbayar, 7-Zip bisa kita download secara gratis karena aplikasi ini berjenis perangkat lunak bebas. Selain untuk mengarsipkan, 7-Zip juga mampu membaca kembali arsip berkas dalam format AR, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DMG, EXT, FAT, GPT, HFS, IHEX, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, QCOW2, RAR, RPM, SquashFS, UDF, UEFI, VDI, VHD, VMDK, WIM, XAR dan ZIP. 7-Zip wajib kita instal karena saat ini kita sering sekali mendapati file dalam format-format tersebut. Jadi semisal kita mendapat kiriman file dari E-mail dengan Format ZIP. kita tidak perlu khawatir karena kita bisa dengan mudah membuka file tersebut dengan7-Zip. 7-Zip dapat diinstal di Windows 10, 8, 7, Vista, dan XP.

4. Foxit Reader

NAH TUTORIAL

Foxit Reader adalah aplikasi untuk membaca, mencari, dan mencetak dokumen PDF dan tersedia dalam berbagai bahasa. Perangkat lunak ini memungkinkan kita untuk mendesain PDF yang interaktif, menyisipkan gambar, menambahkan keterangan di PDF, mengirim file PDF, dan masih banyak lagi. Hal yang paling menyenangkan dari Foxit Reader adalah kita bisa mendapatkannya secara gratis. Jadi bagi teman-teman yang sering berhadapan dengan file PDF, Foxit Reader bisa jadi pilihan terbaik dan wajib diinstal. Foxit Reader bisa diinstal di Windows 10, 8, 7, Vista, dan XP.

5. Ccleaner

NAH TUTORIAL

Bagi teman-teman yang merasa komputernya tiba-tiba lemot padahal tidak diserang virus, atau penyimpanan yang terbatas tiba-tiba jadi penuh dengan file sampah. Teman-teman wajib instal Ccleaner. CCleaner adalah aplikasi gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry. Salah satu fitur penting aplikasi ini adalah tersedianya fitur untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh browser setelah berselancar di internet. Ccleaner wajib diinstal untuk mendampingi Windows supaya tetap sehat dan bersih. Aplikasi ini juga memiliki ukuran penyimpanan yang kecil dan tidak membebani komputer kita seperti aplikasi sejenis lainnya. Ccleaner bisa diinstal di Windows 10, 8, dan 7.

6. AIMP

NAH TUTORIAL

Bagi yang senang mendengarkan audio melalui komputer, maka AIMP adalah pilihan terbaik. Admin dulunya adalah pecinta Winamp sejati. Namun setelah tau aplikasi bernama AIMP, Winamp pun ditinggalkan dan beralih ke AIMP. Alasannya sederhana aja sih. Winamp tampilannya begitu-begitu aja dari dulu. Sedangkan AIMP hadir dengan tampilan lebih segar dan juga yang terpenting selalu mendapatkan update untuk pengayaan fitur. AIMP mendukung banyak format audio seperti APE, MP3, WAV, OGG, MPGA, UMX, MOD, MO3, WV, IT, S3M, MTM, XM, FLAC, MP4, M4A, M4B, MPC, AAC, OPUS, DSF, DFF, TTA, WEBM. Dan banyak lagi fitur lain yang bisa teman-teman cek di situs resmi AIMP. AIMP dapat diinstal di Windows 10, 8, 7, Vista, dan XP.

7. VLC Media Player

NAH TUTORIAL

VLC Media Player merupakan aplikasi pemutar berbagai macam file multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format. VLC Media Player juga dapat digunakan untuk memutar DVD atau VCD. Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari VLC Media Player adalah kelengkapan codec yang dimiliki. Apabila semua codec itu admin tulis di sini akan panjang. Jadi intinya, VLC dapat memutar hampir seluruh jenis berkas audio maupun video yang ada. Di balik tampilan yang sederhana, VLC Media Player dilengkapi dengan beragam fitur tambahan, seperti kemampuan subtitle, tag format, konversi, filter, skin, dapat dioperasikan melalui berbagai interface, tersedia dalam bahasa Indonesia, dan masih banyak lagi.VLC Media Player dapat berjalan dengan baik di Windows 10, 8, 7, Vista, dan XP.

8. Free Download Manager

NAH TUTORIAL

Bagi teman-teman yang suka download file dari internet. Sudah saatnya instal Free Download Manager. Dibandingkan kita download melalui downloader bawaan browser, lebih baik kita memanfaatkan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini, kita dapat mendownload banyak file sekaligus dengan kecepatan yang lebih baik dibandingkan download melalui browser. Selain itu kita bisa download file .torrent dan juga video dengan hanya menyalin alamat URL-nya. Dan banyak lagi fitur yang admin sangat suka dari aplikasi ini. Free Download Manager dapat berjalan dengan baik di Windows 10, 8, 7, Vista, dan XP.

9. Google Chrome

NAH TUTORIAL

Yang suka berselancar di internet wajib instal Google Chrome, karena Google Chrome adalah browser terbaik yang ada saat ini. Google Chrome memiliki keunggulan dari segi tampilan, keamanan, banyak pilihan extension, dan yang paling penting adalah kecepatan. Meskipun Windows punya browser bernama Microsoft Edge, akan tetapi Chrome masih lebih unggul dalam banyak hal. Chrome dapat diisntall di Windows 10, 8, 7, Vista, dan XP.

10. SHAREit

NAH TUTORIAL

Bagi teman-teman yang rajin transfer file dalam ukuran besar dari Komputer ke Android atau sebaliknya. Maka teman-teman wajib instal aplikasi bernama SHAREit. SHAREit memungkinkan kita untuk mentransfer file seperti foto, video, musik, kontak, aplikasi, dan file lainnya. Aplikasi SHAREit memungkinkan perangkat Windows , Windows Phone , Android , dan iOS untuk mentransfer file secara langsung. Kecepatan transfer dengan SHAREit terkadang lebih cepat dibandingkan saat kita transfer menggunakan Bluetooth atau bahkan kabel. SHAREit dapat diinstal di Windows 10, 8, dan 7.

10 Aplikasi tersebut sampai saat ini selalu admin instal di komputer yang admin gunakan. Jadi admin menulis ini berdasrkan pengalaman pribadi. Bukan dibayar atau disponsori oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Apabila teman-teman punya rekomendasi aplikasi lain silakan berikan komentarnya di bawah. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan kali ini.

Posting Komentar untuk "10 Aplikasi Gratis yang Wajib Ada di Windows"