Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Safe Mode Microsoft Office untuk Mengatasi Error

NAH Tutorial
Banyak yang tidak tau bahwa Safe Mode bukan hanya ada untuk Windows melainkan tersedia juga pada aplikasi Microsoft Office. Jika di Windows, Safe Mode hadir untuk bisa tetap bisa membuka windows yang error akibat dari aktivitas aplikasi pihak ketiga atau karena serangan virus yang merusak beberapa fitur penting Windows. Begitu juga pada Micrsoft Office. Fungsinya untuk tetap bisa membuka aplikasi Microsoft Office yang terdapat error karena disebabkan oleh template atau ekstensi (add-in) yang memiliki masalah atau bug. Mendapati masalah ini secara tiba-tiba tentunya sangat mengganggu karena mungkin kita sedang dikejar waktu dalam pekerjaan tapi aplikasi malah error dan tidak bisa dibuka.

Jangan langsung hapus Microsoft Office kita yang mengalami error, apalagi di saat-saat penting dan pekerjaan menumpuk dan tidak ada lagi waktu untuk install ulang. Teman-teman bisa mencoba terlebih dahulu membuka Microsoft Office dalam mode aman alias Safe Mode. Selama kerusakan atau error yang dialami tidak terlalu berat, maka hal tersebut bisa ditangani dengan mode aman ini. Berikut ini adalah cara masuk ke Safe Mode Microsoft Offce melalui Windows.

Cara 1 - Mengunakan Tombol Ctrl

Cara pertama ini adalah cara paling mudah. Pertama teman-teman buat terlebih dahulu shortcut salah satu Aplikasi Micrsoft Office, misalkan saja kita akan buka Microsoft Word dalam safe mode. Shorcut bisa diletakan di desktop ataupun juga di Taskbar seperti pada gambar di bawah ini.

NAH Tutorial

Selanjutnya silakan Tekan dan Tahan tombol Ctrl di Keyborad lalu jalankan aplikasi Word. Bila sukses, maka akan muncul dialog dengan pesan "You're holding down the CTRL key. Do you want to start Word in safe mode? " seperti gambar di bawah ini. Pilih Yes untuk masuk ke safe mode.

NAH Tutorial

Setelah itu Word akan terbuka dalam safe mode.

NAH Tutorial

Cara 2 - Dengan Kotak Perintah Run

Bila cara pertama tidak berhasil. teman-teman bisa menggunakan cara yang ke-2. Pertama silakan teman-teman buka Kotak Perintah Run dengan tekan tombol Windows + R, hingga muncul seperti pada gambar di bawah ini.

NAH Tutorial

Untuk Excel, ketik excel /safe lalu klik OK
Untuk Word, ketik winword /safe lalu klik OK
Untuk PowerPoint, ketik powerpnt /safe lalu klik OK
Untuk Outlook, ketik outlook /safe lalu klik OK
Untuk Publisher, ketik mspub /safe lalu klik OK
Untuk Visio, ketik visio /safe lalu klik OK

Tidak lama setelah klik OK. maka aplikasi akan terbuka dalam safe mode.

Kekurangan Safe Mode

Jangan pernah membuak Aplikasi Microsoft Office dalam mode aman apabila tidak ditemukan masalah atau error apapun dalam Aplikasi kalian. Ingat kembali bahwa Safe Mode ini hanya dipergunakan apabila teman-teman menemui masalah pada aplikasi Microsoft Office. Aplikasi yang dibuka dalam Safe moda memiliki beberapa kekurangan yaitu adanya beberapa fitur yang tidak bisa dimanfaatkan. Menurut situs resmi Micrsoft Office, fitur yang tidak bisa digunakan dalam safe mode adalah.
  • Tidak ada templat yang bisa disimpan.
  • Dalam Microsoft Office SharePoint Designer, situs Web yang terakhir digunakan tidak dibuka.
  • Dalam Microsoft SharePoint Workspace, fitur berikut dinonaktifkan: sinkronisasi, kesadaran, pemberitahuan, pesan, dan penjadwal tugas.
  • Kustomisasi toolbar atau bilah perintah tidak dimuat, dan kustomisasi tidak dapat disimpan.
  • Daftar Koreksi Otomatis tidak dimuat, dan perubahan tidak disimpan.
  • Dokumen yang dipulihkan tidak dibuka secara otomatis.
  • Semua opsi perintah-baris diabaikan kecuali /a dan /n.
  • File tidak dapat disimpan ke Direktori Startup Alternatif.
  • Preferensi tidak dapat disimpan.
  • Fitur dan program tambahan tidak dimuat secara otomatis.
  • Dokumen dengan izin terbatas tidak dapat dibuat atau dibuka. 
Kekurangan fitur tersebut masih bisa dimaklumi dibandingkan kita tidak bisa menggunakan Aplikasi Office sama sekali apalagi di saat-saat penting.

Jangan Tutup Dulu Safe Mode Anda

Apabila Microsoft Office yang error atau bermasalah masih bisa dibuka dalam mode aman atau safe mode. Maka kemungkinan masalah tersebut disebabkan oleh adanya bug dari aplikasi pihak ketiga yang berpengaruh terhadap Add-in yang ada di Microsoft Office kita. Cara memperbaikinya tinggal hapus saja Add-in tersebut dengan cara pilih File kemudia pilih Options lalu pada kotak dialog Pilih Add-Ins. Selanjutnya pada bagian manage COM Add-ins atau Add-ins sesuai apliaksi yang dipilih.

NAH Tutorial

Selanjutnya hapus Add-ins aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan menjadi penyebab aplikasi menjadi error.

Gagal Masuk Safe Mode

Bila Microsoft Office Normal sudah error, dan masuk ke safe mode dengan kedua cara tadi tetap gagal. Maka itu adalah tanda bahwa Aplikasi Microsoft Office anda sudah harus diinstall ulang. Karena cara menggunakan safe mode sudah tidak dapat menolong lagi.

Demikian cara masuk ke safe mode untuk Microsoft Office yang error. Apabila ada pertanyaan silakan berikan komentarnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan karena admin juga manusia.
Terima Kasih.. 

Posting Komentar untuk "Safe Mode Microsoft Office untuk Mengatasi Error"

Berlangganan via Email