Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Windows 8.1 Masih Lebih Baik Dibandingkan Windows 10

 

WINDOWS 8

Banyak yang bilang Windows 8.1 adalah salah satu produk gagal dari Microsoft. Bukan tanpa alasan yang kuat banyak orang yang berkata demikian. Pada kenyataannya memang Windows tau 8.1 nasibnya hampir sama seperti Windows Vista yang mana tak lama setelah perilisannya, Microsoft langsung merilis Windows 7 sebagai penggantinya. Begitu Juga Windows 8.1 yang tak lama setelah rilis sudah menuai banyak kritik dari para pengguna karena muncul berbagai bug dan error. Sehingga Microsoft langsung berbenah dan merilis Windows 10 sebagai penggantinya sekaligus versi rilis mutakhir dari Windows. Maka tak heran saat ini Windows 10 dinobatkan sebagai OS yang paling banyak digunakan oleh para pengguna PC. Menurut data yang dihimpun oleh StatCounter, 73,76% Pengguna sistem Operasi Windows telah menggunakan Windows 10. Sedangkan Windows 7 hanya 19,44% dan Windows 8 atau 8.1 sebanyak 5,54%. Sisanya adalah pengguna Windows Vista dan Windows XP yaitu sebanyak 1,23%.

Data menunjukan Windows 10 memang banyak sekali penggunanya, Tapi Apakah Windows 10 adalah versi terbaik dibandingkan versi Windows yang sudah ada sebelumnya?. Jawabannya tentu saja Iya karena memang Windows 10 adalah versi paling mutakhir dari Microsoft. Akan tetapi dalam beberapa kasus, admin berani mengatakan bahwa Windows 8.1 lebih baik diripada Windows 10. Admin bisa berpendapat seperti itu karena ada pengalaman yang sangat menarik ketika admin diminta oleh seorang customer untuk mengatasi laptopnya yang sangat lomot dan lola sehingga menguji kesabaran apabila memakai laptop tersebut.

Awal cerita nyasar ke Windows 8.1 

Laptop customer ini speknya sangat mepet alias pas-pasan. CPU intel Celeron N3060, RAM 2GB, Hardisk 500GB. OS yang terinstal Windows 10 64 bit. Saat admin coba operasikan laptop ini memang sangat-sangat menguji kesabaran dan bawaannya emosi. Booting sangat lama, buka aplikasi Office agak lola alias loading lama. Apalagi saat laptop terkoneksi dengan internet. Kesabaran makin diuji karena laptop jadi semakin lemot. Hingga akhirnya admin memutuskan untuk instal ulang laptop tersebut. admin menyarankan kepada customer untuk diinstal Windows 7 saja, mengingat spek yang serba pas-pasan. Namun customer bilang bahwa dia bosen dengan Windows 7 karena tampilannya begitu-begitu aja, katanya. Kemudia saya instal ulang laptop tersebut dengan Windows 10. Hasilnya ternyata sedikit mengecewakan. Laptop masih tetap lemot dan tak bertenaga untuk kerja walau hanya sekedar untuk ngetik-ngetik dan multimedia. Akhirnya admin bilang ke customer bahwa laptop masih tetap lemot, dan saya menawarkan instal windows 8.1. dan customer setuju. 

Windows 8.1 vs 10 NAH TUTORIAL

Singkat cerita laptop selesai diinstal, dan hasilnya lumayan mengejutkan. Tiba-tiba laptop jadi ngebut dan lebih enteng. Diajak manuver alias buka-buka aplikasi ringan atau berselancar di internet juga sudah memuaskan. Berbeda dari sebelumnya yang prosesnya berjalan seperti siput. RAM yang terpakai saat kondisi nganggur alias idle juga tidak banyak. dari total RAM 2GB hanya 1GB yang sudah termakan sistem untuk menjalankan sistem dan services Windows. Berbeda dengan Windows 10 yang saat idle saja RAM sudah terpakai sekitar 1,6GB. 

Windows 8.1 lebih ringan

Dari kasus tersebut admin bisa menyimpulkan dengan yakin bahwa Windows 8.1 lebih ringan dan tidak rakus resources dibandingkan dengan Windows 10. Padahal secara tampilan atau UI, kedua Windows ini hampir sama. Walaupun memang Windows 10 punya lebih banyak fitur dibandingakan dengan Windows 8.1. Akan tetapi fitur-fitur tersebut tidak sepenuhnya kita butuhkan dan kita pakai dalam penggunaan harian. Contohnya seperti Cortana, Paint 3D, dan software bawaan lainnya. Tapi apabila spesifikasi komputer yang teman-teman miliki sudah sangat cukup bahkan mumpuni untuk penggunaan Windows 10, maka teman-teman tidak perlu untuk downgrade ke Windows 8.1. Karena secara keseluruhan, Windows 10 adalah yang terbaik untuk saat ini.

Boleh downgrade ke Windows 8.1 Asalkan ...

Bagi teman-teman yang merasa komputernya lola saat menggunakan Windows 10 dan ingin mencoba instal Windows 8.1. Teman-teman wajib cek terlebih dahulu apakah komputer teman-teman memiliki driver yang mendukung untuk downgrade ke Windows 8.1. Karena laptop atau PC model terbaru banyak yang sudah tidak mendukung versi Windows 8.1 dan Windows yang lebih lawas dari Windows 10. Cara ceknya teman-teman bisa kunjungi website resmi dari laptop atau perangkat PC tersebut lalu cari drivernya. kemudian cek apakah driver untuk Windows 8.1 atau 8 tersedia. Apabila tidak tersedia, jangan paksakan untuk downgrade karena bukannya mendapatkan performa yang lebih baik, malah nanti terjadi banyak error yang menggangu. Bahkan admin pernah gagal saat proses instal Windows 8.1 karena ternyata CPU tidak support alias mendukung untuk menjalankan Windows 8.1. Hal ini juga berlaku bagi teman-teman yang ingin downgrade dari Windows 10 ke Windows 7, Vista, atau XP. 

Cukup sekian teman-teman pengalaman yang bisa admin bagikan. Apabila teman-teman punya penglaman yang sama atau ada pengalaman lain bisa tulis komentar di bawah. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Ternyata Windows 8.1 Masih Lebih Baik Dibandingkan Windows 10"

Berlangganan via Email